Monday 18 January 2010

ale-ale jadi empat

ini adalah gambar bundaran ale - ale pada tempo dulu. unik dan kelihatan sederhana. bundaran ini merupakan titik nol dari kota ketapang. bundaran ini terletak di perempatan jalan R Suprapato dan jalan KH Murni.di sebelah selatan bundaran ini terdapat sungai dan sebuah jembatan yaitu jembatan pawan 1. jembatan tersebut menghubungkan kecamatan delta pawan dengan kecamatamn muara pawan.
Bundaran ini melambangkan kota ketapang sebagai kota ale - ale.
Ale-ale adalah sejenis kerang yang dapat di konsumsi dan sekaligus menjadi makanan khas daerah ini.Kerang sejenis ale-ale ini katanya hanya terdapat di ketapang saja.Para nelayan ketapang mengambil kerang ini bi kuala sungai pawan.
ini gambar bundaran ale-ale pada malam hari kelihatan cantik dengan lampu yang meneranginya.
Saat saya masih kecil bundaran ini pada malam dan siang hari ada air mancur di tengahnya.Sekarang sudah tidak lagi.
Pada tahun 2006 bundaran ini di ganti dengan yang baru. Pada saat itu pula, empat buah sekaligus bundaran yang ada di ketapang di ganti. Saya senang karena ada perhatian dari pemerintah ketapang untuk memperbaharui pembangunan yang ada di ketapang. Tapi saya tidak setuju kalau semua bundaran yang ada di ketapang hampir sama semua dengan bundaran ale-ale seperti yang sekarang ini.

nah ini dia bundaran ale - ale yang terbaru.Banyak peningkatan, yang semula ale - ale hanya ada satu tapi sekarang ale - alenya bertambah tiga semuanya jadi empat buah. Terus yang semula tidak punya rumah sekarang mempunyai rumah.
sayangnya bundaran ini kurang besar dan ale - alenya kecil-kecil.yang lebih menonjol rumahnya.seharusnya ale-ale lebih di tonjolkan,bukan rumahnya.
kalau di lihat dari bundaran ini bukan bundaran ale - ale lebih cocok di sebut bundaran rumah melayu ketapang.Masih banyak bundaran di ketapang yang menyerupai bundaran ini.Bedanya bundaran yanng lain tidak di beri ale-ale,hanya rumah adatnya saja.Bundaran ale-ale itu dapat di katakan identitas ketapang karena hanya di ketapang,seharusnya di buat dan di rancang beda dari bundaran yang lainya.kalau perlu di buat ledih besar dan ale-alenya yang lebih di tonjolkan.Kelihatan aneh kalau ale-ale punya rumah semewah itu sedangkan habitatnya di dalam air.


ini adalah rumah adat melayu ketapang letaknya di kepala pulau,karena kota ketapang itu berbentuk pulau,rumah adatnya di bangun di bagian kepalanya pulau ketapang.Kalau tidak salah rumah adat ini berada di kelurahan mulia baru kecamatan delta pawan ketapang,di bagian belakang rumah ini ada sungai yaitu sungai pawan.Rumah adat ini baru di resmikan tahun 2009 tadi.

yang ini adalah gambar keraton matan letaknya di kelurahan muliakerta ketapang.Keraton ini menghadap sungai pawan.









bentuknya menyerupai bundaran yang ada di ketapang temasuk bundaran ale-ale.










































































































No comments:

Post a Comment