Monday 4 January 2016

Potret Jalanan Daerah Perhuluan Kabupaten Ketapang

Kabupaten Ketapang merupakan Kabupaten terluas di Kalimantan Barat, Kabupaten ini memiliki 20 Kecamatan yang meliputi daerah (3P) Perkotaan, Pesisir dan Perhuluan. Mungkin selama ini teman - teman hanya tahunya di Kotanya saja, belum pernah ke daerah pesisir maupun perhulannya. Tulisan saya kali ini akan berbagi pengalaman saya pada saat tinggal ke daerah perhuluan tepatnya di Kecamatan Tumbang Titi. 

Tumbang Titi merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Ketapang. Ibu kota kecamatan ini adalah Tumbang Titi, dan berbatasan dengan Kecamatan Pemahan di sebelah utara, Kecamatan Marau dan Jelai Hulu di wilayah selatan, Kecamatan Sungai Melayu Raya di sebelah barat, serta dengan Kecamatan Jelai Hulu dan Provinsi Kalimantan Tengah di sebelah timur.

Pertama kali saya melakukan perjalanan ke Tumbang Titi yaitu pada tahun 2014 bulan April saya di tugaskan oleh kantor tempat saya bekerja di sini, saya tanya sama teman yang pernah ke Tumbang Titi jawaban mereka cukup menakutkan, dalam artian kondisi jalan di sana sangat buruk pada saat musim hujan. Saya Tidak Percaya pasti mereka hanya menakut  - nakuti saya. Untuk meyakinkan saya, teman saya mengirim photo via BBM ke saya gambarnya masih saya simpan seperti yang terlihat di bawah ini.
Kondisi Jalan Pelang - Tumbang Titi  Tahun 2014


Kondisi Jalan menuju ke Tumbang Titi berbeda 180 derajat dengan jalan di Ketapang Kota. Terutama jalan menuju Pelang  - Tubang Titi.  Ternyata Benar Keadaan jalan menuju ke sana pada saat itu benar - benar membuat saya mengelus dada pada saat pertama kali ke sana. Tetapi seiring berjalannya waktu karena sudah terbiasa ke Tumbang Titi keadaan jalan seperti apapun bisa dilalui hahahaha.

Bagaimana Kondisi Jalan Pelang - Tumbang Titi  Pada Akhir Tahun 2015 dan Awal Tahun 2016 ?
Berikut Gambar Terbaru Kondisi Jalan yang sempat saya abadikan hahaha


    kondisi Jalan Pelang - Tb Titi Des 2015



  

 
     Gambar Jalan Pelang - Indotani -  Tumbang Titi Pada Tanggal 04 Januari 2016

Kabar Gembiranya Sebagian Jalan dari Indotani menuju Kecamatan Sungai Melayu Rayak sudah di Aspal dan Mulus.

 
    Before 
   ( Jalan Pelang - Tumbang Titi Hancur dan Putus )

 
   After
   ( Lokasi yang sama pada Jalan di atas Jalannya Mulus )

Semoga Perbaikan Jalan bisa secepatnya selesai sehingga akses Ketapang - Tumbang Titi bisa lancar

Namun disayangkan Jalan masuk menuju Kota Kecamatan Tumbang Titi Masih rusak apalagi pada musim hujan  serta banyak jembatan yang rusak parah.
 

  

 


Suasana Kota Tumbang Titi Pada Pagi Hari 04 Januari 2016
Sekian dulu tulisan saya kali ini semoga infrastruktur di Tumbang Titi lebih baik lagi dari yang sekarang. Dengan kondisi infrastruktur yang seperti ini saja perekonomian masyarakat di Tumbang Titi sangat baik dan stabil, apalagi didukung dengan infrastruktur yang lebih baik saya yakin perekonomian masyarakat disini bisa lebih WOW. 






































No comments:

Post a Comment